Perlukah Membayar Asuransi Kendaraan untuk Mobil?

Diskussion begonnen von Tri Haryadi Vor 2 Jahre

Kendaraan khususnya mobil saat ini bisa dikatakan menjadi kebutuhan primer. Tidak heran banyak orang mulai mencari bagaimana memilih asuransi kendaraan yang paling pas dan sesuai kebutuhan. Karena di sisi lain, saat ini modus kejahatan juga semakin beragam. Ada kalanya para pihak berpikir bahwa asuransi ini tidak begitu berguna. Tak seperti kredit mobil atau pinjaman uang dengan syarat yang mudah sehingga menurut mereka, premi atau iuran yang mereka bayarkan adalah sia-sia.

Tetapi sebenarnya jika anda memahami sistem asuransi untuk mobil, maka pendapat dan asumsi diatas dapat dihilangkan. Berikut ini beberapa hal mengenai asuransi kendaraan khususnya mobil, ini yang perlu diketahui:

1. Asuransi mobil dibagi menjadi 2, yaitu total loss only dan all risk. All risk untuk segala macam kerusakan dan kehilangan, adapun total loss hanya untuk kerusakan diatas 75% dan untuk kehilangan saja.
2. 75% yang dimaksud disini berlaku untuk nilai perbaikan yang melebihi 0.75 dari harga kendaraan anda saat ini.
3. Anda juga harus memperhatikan bahwa tidak semua kehilangan akan diganti, begitu juga untuk perbaikan diatas 75%. Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi untuk hal ini.

Jika anda kredit motor atau mobil bekas, asuransi tetap masih bisa digunakan. Biasanya tarif premi yang dibebankan untuk mobil bekas ini tergantung dari harga pasar dan umur ekonomis mobil. Semakin tua umur kendaraan, biasanya jenis asuransi kendaraan yang lebih tepat adalah yang TLO atau total loss diatas. Bukan karena apa-apa, tapi untuk jenis asuransi ini biasanya lebih murah dibandingkan premi all risk.

Du mußt ein Mitglied dieser Gruppe sein, um an der Diskussion teilnehmen zu können.