Mencapai SDGs dengan Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak di Usia Dini

Diskussion begonnen von tania bae Vor 8 Monate

Masa anak-anak memang sangat penting, mengingat di masa inilah fondasi tumbuh kembang anak berlangsung. Kualitas seseorang di masa depan sangat ditentukan oleh apa yang ia peroleh selama masa anak-anak. Tak terkecuali pada bidang pendidikan. Di usia anak-anak, otak mengalami masa yang disebut sebagai golden age, dimana fungsi kerja otak mencapai titik maksimal sehingga apa yang seorang anak pelajari akan mudah untuk diserap, dipahami, serta diimplikasikan. Oleh sebab itu, sudah selayaknya jika anak-anak pada usia dini mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Pendidikan usia dini yang berkualitas memang masih belum menjadi perhatian banyak pihak di Indonesia. Banyak orang beranggapan bahwa usia anak-anak merupakan usia bermain sehingga tidak perlu terlalu fokus pada pendidikan. Hal ini merupakan suatu kesalahan, mengingat fungsi otak justru maksimal pada usia anak-anak. Bermain memang penting, tetapi tidak ada salahnya jika diimbangi dengan pendidikan yang baik. Lebih bagus lagi jika dalam proses bermainnya, anak tetap bisa mendapatkan pendidikan dan pembelajaran.

Melihat betapa pentingnya peran pendidikan anak usia dini terhadap kualitas manusia di masa depan, Tanoto Foundation pada tahun 2017 memilih untuk memfokuskan program pada perbaikan kualitas pendidikan untuk anak-anak usia dini. Lembaga besutan Sukanto Tanoto, pengusaha terkenal di Indonesia ini berupaya untuk menyediakan sarana prasarana demi memperbaiki kualitas pendidikan usia dini. Melalui Head of Tanoto Foundation Executive Board yakni Sihol Aritonang menyatakan bahwa upaya yang dilakukan untuk perbaikan kualitas pendidikan dilakukan melalui peningkatan kompetensi guru pengajar serta penyediaan fasilitas untuk menunjang program pendidikan. Hal ini sejalan dengan fokus Tanoto Foundation di bidang pendidikan (education) dan penguatan (enhancement).

Sihol Aritonang juga menyatakan bahwa pada tahun 2017 ini Tanoto Foundation ingin melakukan intensifikasi program pendidikan, dengan tujuan mencapai dampak berupa tersedianya sarana belajar yang memenuhi standar nasional, peningkatan kompetensi guru, serta berlangsungnya proses belajar mengajar yang dapat menumbuhkan kreativitas anak didik serta menghasilkan lulusan PAUD yang berprestasi. Sesuai keinginan sang pendiri Tanoto Foundation, yakni Bpk. Sukanto Tanoto, yang menginginkan agar anak-anak di Indonesia mendapatkan pendidikan yang berkualitas sejak dini, sebab hal ini bisa menjadi kunci untuk memutus rantai kemiskinan yang membelit banyak orang di Indonesia.

Untuk mewujudkan hal ini, hingga akhir September 2016, Tanoto Foundation telah membina sejumlah 30 PAUD. PAUD ini tersebar di wilayah DKI Jakarta, Riau, Jambi, serta Sumatera Utara. Untuk wilayah DKI Jakarta, jumlah PAUD yang dibina sebanyak 7 PAUD, yakni PAUD Cempaka 7 Tebet Barat, PAUD Al Huda yang terletak di Gandaria Selatan, PAUD Riang Sungai Bambu, PAUD Kenanga 17 Penjaringan, PAUD Bougenville Rorotan, PAUD Tunas Jaya di Cililitan serta PAUD Kenanga 7 Kembangan Utara.

Program meningkatkan kualitas pendidikan anak di usia dini ini merupakan perwujudan dukungan Tanoto Foundation terhadap salah satu poin Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs ini terdiri dari 17 poin, dan salah satunya adalah pemberantasan kemiskinan dan pendidikan yang berkualitas.

http://www.po-and-g.com/about-us/sukanto-tanoto