cover photo

Tempat Wisata di Banyumas

Войти
Tempat Wisata di Banyumas

Категория
General
Создана
15.11.2020
Администратор группы
areaseoku

Tempat wisata di Banyumas menjadi destinasi yang bisa anda coba bila musim libur telah tiba. Banyak hal yang bisa anda nikmati disini, termasuk pertunjukkan kebudayaan. Seperti, Wayang kulit gagrag Banyumasan. Atau juga Begalan yang merupakan kesenian tradisional dalam bertutur kata waktu pernikahan.

Musik tradisional juga bisa anda nikmati seperti Calung, Kentongan, Bongkel, dan Salawatan Jawa. Kota yang dijuluki sebagai Kota Satria ini juga punya pertunjukan tari-tarian yang menarik. Seperti, sintren, aksi muda, buncis, dan ebeg. Menariknya, hampir semua masyarakat melestarikan kebudayaan ini. Sehingga, tidak luntur terkekang oleh waktu.

Tidak hanya menarik dari segi budaya saja. Anda juga bisa melihat pariwisata yang menarik, nyaman, tenang, teduh, sejuk dan asri. Cocok bagi anda yang ingin menghilangkan diri dari kepenatan kota. Mari ikuti perjalanan kami, menjelajah Kota Satria yang harus anda kunjungi.

1. Small world Miniatur Dunia

Tempat wisata di banyumas yang hits ini terletak di Jl. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Banyumas, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuknya sendiri mulai dari Rp10.000,- sampai Rp25.000,-. Keunikan dari kawasan ini anda bisa melihat berbagai macam miniatur dunia yang terkenal.

Tidak hanya miniatur saja, anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Slamet. Anda juga bisa menyewa berbagai pakaian adat seperti Kimono dan hanbok. Tidak hanya negara lain saja. Anda juga bisa melihat berbagai rumah adat khas Nusantara. Lengkap dengan sejarahnya.

Berkunjung ke tempat wisata di Indonesia ini, anda harus membawa kamera. Karena, banyak spot menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tidak hanya pengunjung biasa saja. Beberapa wisatawan luar biasa sering menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi Prewedding mereka lho.

Spot lain yang bisa anda kunjungi adalah taman-taman bunga serta arena bermain sederhana. Kawasan ini sangat luas, sehingga puas untuk berlari-lari kesana kemari.

2. Curug Wanasuta

Wisata di Banyumas ini terletak di Desa Dermaji, Kecamatan Lumbir, Terdapat tiga tangga. Semakin turun kebawah, pemandangan yang akan tersaji semakin indah dan menarik. Di bawah aliran airnya, anda bisa melihat kolam yang bisa dimanfaatkan untuk berendam atau bermain air.

Sebelum sampai di titik lokasi, anda harus berjalan kurang lebih 1 kilometer. Perjalanan melintasi trek yang tidak mudah. Tetapi, akan tersamarkan dengan hadirnya pohon pinus. Di sepanjang perjalanan pula anda bisa menikmati akar-akar pohon untuk berpegangan.

Sehingga, suhu udaranya sangat sejuk dan nyaman. Anda dibuat terhipnotis dan enggan untuk pergi. Terkadang, ada kicauan burung yang bisa anda dengar. Fasilitas lain yang tersedia disini adalah warung makan, gazebo, dan toilet.

Untuk spot fotonya juga sudah disediakan dengan rumah pohon yang terbuat dari kayu dan bambu. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp5.000,- saja. Ditambah dengan parkir dengan harga Rp5.000,-.

3. Curug Jenggala

Objek wisata Banyumas ini terletak di Jl. Pangeran Limboro, Dusun III, Kalipagu, Ketenger, Baturaden. Alirannya berasal dari pertemuan dua aliran sungai yang membuat pemandangan di tempat ini sangat mengesankan. Untuk harga tiket masuknya sendiri hanya Rp8.000 saja.

Tingginya kurang lebih 30 meter, menuju ke lokasi anda harus berjalan kurang lebih 800 meter. Ada dua pilihan naik ojek atau juga jalan kaki. Untuk kendaraan pribadi, anda wajib menitipkannya di rumah warga. Tetapi, bagi yang mempunyai jiwa petualangan tidak ada salahnya untuk jalan kaki.

Pemandangannya sangat menawan dengan jalur pipa PLTA yang cukup besar membentang. Dari kejauhan anda juga bisa melihat gagahnya Gunung Slamet. Tetapi, jangan sampai terbuai dengan keindahannya ya. Karena, jalanannya cukup terjal, licin, dan cukup sulit.

Aktivitas yang tidak boleh anda lewatkan adalah adanya spot foto hits yang instagramable. Di mana background fotonya adalah air terjun yang turun kebawah. Ada juga sebuah jembatan warna-warni yang menjadi ikon curug. Fasilitas disini sudah lengkap.

Ada toilet bersih, mushola yang terawat, serta beberapa kios makanan dan minuman yang bisa anda beli. Waktu terbaik mengunjungi tempat wisata di Banyumas ini adalah musim pancaroba. Dimana, kondisi air masih sangat jernih dengan Debit air cukup deras.

Daripada datang pada saat musim penghujan, warna air sedikit keruh, sehingga kurang bagus dijadikan sebagai latar belakang foto. Bila di musim kemarau, air sedikit mengering. Debit airnya tidak terlalu deras.

4. Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman, salah satu tokoh nasional, pahlawan bangsa yang cukup terkenal namanya karena aksi heroik dalam merebut kemerdekaan. Tidak hanya di Jogja saja. Museum yang mengulas tentang diri Beliau juga hadir di Banyumas. Dari kejauhan anda bisa melihat patung beliau yang sedang naik kuda.

Mempunyai berat sekitar 5,5 ton dan tinggi 4,5 meter. Terbuat dari bahan perunggu asli. Tempat wisata di Banyumas Jawa Tengah ini menghadirkan foto dan Diorama perjalanan Beliau dalam merebut kembali Kota Yogyakarta. Tidak hanya Diorama saja, anda juga bisa melihat dua tank tempur sekaligus.

Beratnya sendiri bisa mencapai 137 ton saat berat kosong. Dan bertambah 6 ton saat siap tempur. Diproduksi pada tahun 1952, Ada lagi koleksi tambahan seperti senjata ringan.

Untuk fasilitas lain yang sudah tersedia di Museum ini adalah Food Court. amphitheater, Gazebo, Menara pandang, Toilet, Mushola, Playground, Open Stage. Dengan harga tiket masuknya hanya 5 ribu saja.

5. Curug Lima Kedungbanteng

Objek wisata di Banyumas ini mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh air terjun lainnya. Dimana, ada lima aliran air yang bisa membuat anda terpukau.

Suasananya cukup menawan sangat sejuk, teduh, dan tenang. Ada banyak bebatuan yang bisa anda nikmati disini.

Di bawah aliran air ini ada sebuah kolam yang cukup lebar.dan menyegarkan bila tersentuh di kulit. Dari area parkir menuju ke lokasi curug, anda bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan yang menawan. Tetapi, anda harus trekking terlebih dahulu dan cukup melelahkan.

Tidak jauh dari tempat ini anda bisa menikmati berbagai olahan menu makanan dan minuman khas Banyumas. Lokasi tempat wisata di Banyumas ini terletak di Desa Baseh, Kecamatan Kedungbanteng. Jalan menuju ke curug memang cukup sulit. Sehingga, lebih baik menggunakan guide.

6. Wisata Husada Kalibacin

Tempat wisata di Banyumas ini terletak di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo. Pemandian yang mengandung belerang, magnesium, kalsium, Nitrit dan Sulfat ini sangat bagus untuk kulit. Mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. seperti rematik, pegal-pegal, tulang dan syaraf.

Ada 3 pilihan kolam dengan manfaat seperti saraf, tulang, dan belerang. Untuk anak kecil juga disediakan kolam khusus. Tidak hanya soal pemandian, disini juga terdapat mata air yang tidak akan pernah kering walau musim kemarau tiba.

Menurut Sejarah tercatat tempat ini pertama kali dibuka pada tahun 1892. Tidak jauh dari sini, anda bisa menemukan penginapan. fasilitas warung makan juga sudah tersedia. Ada berbagai kuliner khas Banyumas yang bisa anda santap.

7. Curug Nangga

Tempat wisata di Banyumas ini mempunyai keindahan luar biasa disebut juga dengan Negeri Atas Angin. Memiliki tujuh tingkat yang berbentuk tangga.

Mempunyai ketinggian kurang lebih 10 meter sampai 20 meter. Nama nangga sendiri diberikan karena, bentuknya bertingkat seperti tangga.

Lokasi kawasan ini terletak di Desa Petahunan, Kecamatan Ajibarang. Berada di ketinggian kurang lebih 1200 Mdpl. Anda juga bisa melihat aliran air terjunnya berbentuk terasering dan berundak seperti di Bali. Serta persawahan yang mengesankan.

Untuk harga tiketnya sendiri kurang lebih 10 ribu. Dari tempat parkir menuju ke lokasi, anda harus berjalan kurang kurang lebih 800 meter ke atas. Jadi, siapkan benar tenaga anda agar bisa menanjak ke atas.

Tempat ini tidak ada warung jadi, siapkan perbekalan air minum dan makanan. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya, agar lingkungan Curug nangga tetap terjaga.

Di sekitar curug banyak spot-spot instagramable yang bisa anda abadikan ke dalam foto dan video. Tetapi, hati-hati, bebatuan ini sedikit licin apalagi sehabis hujan. Jangan lupa bawa baju ganti, karena, kalau tidak bermain air disini rasanya belum ke Curug Nangga.

8. Masjid Saka Tunggal

Tempat wisata di Banyumas selanjutnya adalah Masjid Saka Tunggal, terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dibangun pada tahun 1288 Masehi. Pendirinya adalah Mbah Tolih yang merupakan Tokoh Masyarakat yang menyebarkan ajaran islam.

Nama lain dari Masjid ini adalah Baitussalam dengan keunikannya hanya ditopang oleh satu tiang atau dalam bahasa jawa disebut dengan Saka.

Anda juga bisa melihat dindingnya yang terbuat dari anyaman bambu. Untuk kapasitasnya sendiri mencapai 100 jamaah. Keunikan lainnya adalah hadirnya monyet-monyet yang berkeliaran.

Jumlahnya ratusan menurut warga sekitar, monyet ini dipercaya sebagai santri-santri yang nakal. Mereka tidak akan menyerang anda dan lebih terlihat manja. Apalagi, kalau diberi makan seperti jagung atau roti. Jangan lupa berkunjung dan sholat disini, pasti menarik melihat tingkah laku monyet ini.

9. Pancuran Pitu

Dari namanya saja, pasti anda sudah tahu bila tempat ini mempunyai aliran air yang berjumlah 7. Wisata Banyumas ini hanya memiliki tinggi kurang lebih 1 meter terbentuk karena, aliran mana yang turun mengandung belerang sehingga, membentuk sebuah lengkungan.

Air ini mengeluarkan asap panas berwarna hijau kecoklatan. Sebelum masuk ke area pancuran, anda harus menuruni anak tangga yang jumlahnya cukup banyak. Menariknya di kawasan ini, anda bisa melihat banyaknya tukang pijat yang menggunakan metode dengan air belerang. Harganya mulai dari 10 ribu saja.

10. Sendang Bidadari

Terletak di Desa Karangsalam, Sendang Bidadari adalah Tempat wisata di Banyumas yang tidak pernah sepi. Bahkan, selalu direkomendasikan oleh penduduk sekitar bila anda bertanya tempat paling menakjubkan di Baturaden. Salah satu keunikan dari kawasan ini adalah jalan masuk yang menyerupai sebuah gua.

Siapkan fisik anda jika ingin pergi kesini. Jalanan masih diselimuti oleh tanah yang licin bila musim penghujan tiba. Untuk mencapai ke lokasi dibutuhkan waktu 45 menit jalan kaki santai. Dengan tantangan naik turun tebing, masyarakat sekitar menyebut trek ini sebagai Gua Lawang.

Keunikan lain dari tempat ini adalah hadirnya dua buah air terjun yang mempesona. Selain itu, anda juga bisa menikmati kejernihan air yang didalamnya ada banyak ikan-ikan kecil berkeliaran. Disarankan untuk datang ke tempat ini pukul 10 pagi. Jangan terlalu sore.

Jalanan menuju sendang berada di pedalaman hutan, akan sangat berbahaya bila berjalan dikala petang atau malam. Jangan lupa untuk mempersiapkan perbekalan berupa air minum dan makanan.

Karena, sepanjang perjalanan anda tidak akan menemukan satupun warung. Tetapi, jangan lupa untuk bawa kembali sampah anda dan buang pada tempatnya.

11. Curug Bayan

Objek wisata di Banyumas ini terletak di Dusun II, Ketenger, Baturaden. Untuk harga tiketnya sendiri mulai dari 7 ribu rupiah saja. Tinggi curug ini sendiri mencapai 7 meter. Di sini, anda bisa menikmati kolam dengan luas 300 meter. Mempunyai kedalaman 2 meter sampai 5 meter.

Waktu yang tepat mengunjungi wisata ini adalah musim kemarau. Dimana, kedalam air kolam hanya 1 meter saja, jadi sedikit aman untuk anda berendam dan yang mau belajar berenang. Airnya sangat jernih dan menyegarkan bila tersentuh oleh kulit. Dijamin, anda tidak akan bosan berlama-lama disini.

Satu hal yang tidak boleh anda lewatkan adalah menginap di penginapan curug bayan. Ada sebuah villa yang disewakan dengan harga 450 ribu semalam saja. Kondisinya sangat nyaman, mayoritas menggunakan bahan dari kayu. Jangan lupa bawa kamera karena, hampir seluruh kawasannya adalah spot foto.
Di sekitar curug anda sudah disuguhkan dengan tempe mendoan khas Banyumas yang hangat dan sambal. Aneka minuman penghangat tubuh juga tersedia disini. Untuk toilet dan mushola juga sudah disediakan dan cukup bersih.

12. Baturraden Adventure Forest

Tempat wisata di Banyumas ini terletak di Desa Karangsalam. Ada banyak kegiatan yang bisa anda nikmati disini. Seperti, riverboarding yang akan mengajak anda meluncur dari ketinggian 700 Mdpl. Mengikuti arus sungai pelus dengan jalur yang berkelok dengan jarak 150 meter. Air sungainya sangat jernih dan menyegarkan bila menyentuh kulit.

Bila anda mempunyai adrenalin yang tinggi. Tidak ada salahnya untuk mencoba wahana Rappelling. Anda akan diuji dengan naik dan turun tebing dengan peralatan keamanan tinggi. Untuk para pemula, anda akan diuji dengan trek rubbing. Bagi yang sudah profesional, ada Curug Moprok dengan ketinggian 60 meter dan jalurnya sangat menantang.

Ada lagi high ropes yang sudah tergabung dengan kondisi hutan. Ada tiga trek yang bisa anda temui di tempat ini. Seperti Sungai pelus, Moprok, dan Kintamani. Tidak hanya high rope, anda juga disuguhkan dengan banyak tantangan seru yang bisa membuat jantung anda bergetar.

Kawasan ini mempunyai area camping ground yang cukup luas. Mempunyai banyak fasilitas seperti, tenda, kayu bakar. perlengkapan memasak, shower, wastafel, sleeping bag dan masih banyak lagi.

Kegiatan lain yang tidak boleh anda lewatkan adalah Forest Trekking. Anda bisa melakukan kegiatan ini dengan menyusuri hutan. Ada dua trek yang akan disuguhkan. Gunung Slamet dengan waktu tempuh mencapai 6 jam atau sungai bebatuan yang menyusuri lereng Gunung dengan waktu 5 jam.

Masih ada fasilitas lain yang bisa anda nikmati. Mulai dari gathering dan outbound training. Untuk harga tiketnya anda bisa menghubungi pihak pengelola. Karena, setiap wahana mempunyai harga yang berbeda-beda.

13. Curug Carang

Curug Carang terletak di Desa Kemutug Kidul, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Menuju ke objek wisata ini anda harus menyiapkan tenaga ekstra. Karena, menuju ke lokasi cukup curam. Air terjun ini sendiri mempunyai tinggi kurang lebih 40 meter. Mempunyai dua aliran, yang pertama 30 meter dan kedua 10 meter.

Menariknya dari tempat ini adalah anda dituntut untuk melakukan perjalanan seru dengan berpegangan pada tali agar tidak terjatuh. Airnya sangat dingin tapi segar jika, menyentuh kulit. Tetapi, keindahan tebing dan pepohonan menjadi daya tarik utama yang sulit untuk dilewatkan begitu saja.

14. Telaga Sunyi

Tempat wisata di Banyumas ini memang mengesankan. Nama sunyi yang disematkan bukan karena suasananya yang tidak ramai. Melainkan, singkatan dari surga tersembunyi. Letaknya berada di Lereng Gunung Slamet. Menariknya lagi, Telaga ini terletak di tengah hutan pinus damar yang memberikan suasana sejuk dan tenang.

Untuk harga tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah saja. Anda bisa mencoba trekking ke wilayah pedesaan melihat alaminya kawasan ini dengan hadirnya persawahan. Setelah berkeliling anda bisa menikmati air terjun yang tidak terlalu tinggi, alirannya jatuh langsung ke telaga.

Di bawah aliran air terjun anda bisa menemukan sebuah kolam yang mempunyai kedalaman 2 meter sampai 6 meter. Saking jernihnya, anda bisa berenang sekaligus menyelam ke bawah melihat bebatuan yang memantulkan cahaya. Telaga sunyi ini juga sering digunakan warga untuk bertapa jadi, harap sopan dan jaga perilaku selama disini.

15. Bukit Tranggulasih

Tempat wisata di Banyumas terbaru ini terletak di Desa Windujaya. Pesona yang tidak akan terlupakan disini adalah pemandangan matahari terbit. Luas kawasannya mencapai 6,7 hektar. Anda bisa berkunjung kesini pada sore hari. kemudian, camping diatas dan melihat betapa menariknya Purwokerto di malam hari.

Kemudian, pada pagi harinya sunrise yang menawan juga bisa anda nikmati disini.. Jangan lupa bawa air dan makanan karena, belum tersedia warung di sepanjang perjalanan menuju ke atas bukit. Trek yang anda lalui juga cukup sulit dengan kontur naik dan turun.

Beberapa fasilitas juga sudah disediakan seperti gazebo untuk beristirahat. Toilet dan juga mushola. Waktu terbaik mengunjungi Bukit ini adalah musim kemarau. karena, jalanan tidak licin dan anda bisa mencapai puncak dengan waktu 30 menit sampai 40 menit saja.

16. Curug Cipendok

Perjalanan kami terakhir yang menjadi rekomendasi adalah Curug Cipendok. Terletak di Dusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Untuk harga tiketnya mulai dari 10 ribu rupiah. Kawasan ini mulai diperkenalkan dan dibuka untuk umum sejak tahun 1982.

Dengan ketinggiannya yang mencapai 92 meter. membuat pesona tempat wisata di Banyumas ini semakin memukau. Ditambah dengan udara sejuk dan suasana sekitar begitu memanjakan mata. Tidak salah bila dijadikan sebagai tempat refreshing di akhir pekan.

Sayangnya, saat ini air terjun ini sedikit keruh lantaran adanya proyek PLTA. Untuk bisa menuju ke lokasi. Anda harus berjalan terlebih dahulu kurang lebih 500 meter. Membutuhkan waktu kurang lebih 20 – 35 menit untuk bisa sampai. Jalur yang harus anda lewati adalah bebatuan.

Walaupun melelahkan, anda akan dihibur oleh beberapa satwa seperti burung elang, dan monyet bila beruntung. Bagi anda yang cukup jeli, anda bisa melihat pesona anggrek hutan yang luar biasa indahnya. Serta beberapa tumbuhan liar lainnya.

Fasilitas di sekitar curug sudah banyak. Ada gazebo, toilet bersih, mushola, dan warung yang menyediakan berbagai menu makanan khas, terutama sate. Anda juga bisa naik ke atas tebing yang jaraknya 100 meter. Disini, sudah disediakan spot untuk foto dengan latar belakang air terjun yang cantik.

Tempat wisata di Banyumas memang mengesankan. Anda tidak hanya menikmati kawasan pegunungan dengan banyaknya curug atau air terjun saja. Ada juga telaga serta kawasan perbukitan yang mengagumkan. Jangan lupakan wisata religi yang unik dan membuat anda takjub.

Категория
General
Создана
15.11.2020
Администратор группы
areaseoku
  • Пока еще нет обсуждений в этой группе. Начните общение первым!

Участники

Мероприятия

Пока еще нет созданных мероприятий.